Sistem Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Annahdlah

Sistem Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Annahdlah

Sistem Pendidikan



Sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren AnNahdlah UP Makassar, secara garis besarnya dapat dibagi dua, yakni ; Sistem pengajaran kitab kuning (sistem klasik-tradisional) dan Sistem pengajaran madrasah (sistem pengajaran modern).

Sistem Pengajian Kitab Kuning

Pesantren AnNahdlah UP Makassar menerapkan sistem pembelajaran kitab kuning sebagai ciri khas pokok sebuah institusi islam bernama Pesantren. Tanpa pengajian kitab kuning, sebuah lembaga pendidikan islam, justru lebih tepat digolongkan madrasah (sekolah). Pesantren AnNahdlah UP Makassar, justru lahir dari rahim kitab kuning. Berawal dari majelis ta'lim yang mengkaji kitab kuning standar.

Kemudian di kembangkan dengan sistem modern berupa madrasah, namun kekhasan pengajian kitab kuning justru menjadi "kekuatan dan khas" Pesantren AnNahdlah UP Makassar. Pengajian kitab kuning pada sejumlah pesantren yang ada dikota Makassar,  dapat dipastikan bahwa AnNahdlah merupakan pesantren yang eksis mempertahankan sistem tersebut dengan antusiasme santri, terutama pengajian antara magrib dan isya' dan ba'da subuh.

Sistem Pengajaran Madrasah

Selain membina pengajian kitab kuning, Pesantren AnNahdlah UP Makassar juga mengembangkan sistem madrasah untuk tingkat madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan madrasah Aliyah (SMU). Melalui sistem ini, Pesantren AnNahdlah UP Makassar membina siswa-siswa secara formal dengan menggabungkan kurikulum depdiknas, depag dan kurikulum lokal

Dalam parkembangannya, sistem pendidikan formal melalui sistem madrasah, Pesantren AnNahdlah UP Makassar telah melahirkan sedikitnya puluhan angkatan sejak tahun 1990. Hal ini mampu berjalan efektif, berkat pertisipasi masyarakat yang memberi sumbangan sehingga berhasil sejumlah gedung represantatif. Jumlah kelas mencapai kurang lebih dua puluh kelas untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, yang berada di kampus 1 dan 3 di kelurahan Layang.

Kurikulum Pengajaran

Selain mendalami materi pengajaran secara formal. Di Pesantren AnNahdlah dilakukan kegiatan  ekstra-kurikuler yang menunjang pengetahuan dan wawasan serta keterampilan santri. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada waktu sore, malam dan subuh hari serta sejumlah kegiatan temporer lainnya, diantaranya :
  1. Pengajian kitab kuning dangan sistem halaqah pesertanya para santri dan santriwati
  2. Membina pengajian majelis ta'lim bagi alumni serta para jamaah, pesertanya dari ibu-ibu dan bapak-bapak, yaitu :
  • Majelis Ta'lim AnNahdlah 
  • Majelis Ta'lim Nurul Ihsan
  • Majelis Ta'lim Halimatussadiyah
  • Majelis Thariqah al-Muhammadiyah
     3.  Penghapalan al-Qur'an (Tahfidz)
     4.  Kaligrafi (Khat)
     5.  Keterampilan dan kegiatan rutinitas tahunan santri :
  • Beladiri
  • Melukis
  • Perkampungan Bahasa Arab
  • Study Tour
  • Ziarah Ulama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berakhirnya Dinasty Ayyubiyah

Ilmu Pengetahuan Pada Masa Dinasty Ayyubiyah

Hukum Pencurian Dalam Islam